Visi, Misi, dan Tujuan (PSPB)

VISI

“Menjadi Program Studi Profesi Bidan Islami terkemuka yang unggul dalam pelayanan kebidanan berbasis syariah dan pada tahun 2026”.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka membangun generasi khaira ummah;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam rangka mengaplikasikan ilmu dan teknologi khususnya bidang kebidanan yang dilandasi nilainilai Islam, moral, etika dan kearifan lokal;
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam rangka menerapkan ilmu dan teknologi khususnya bidang kebidanan dalam membangun peradaban Islam menuju masyarakat yang sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan li l a’ lamin;
  4. Mengembangkan gagasan dan kegiatan melalui tata kelola yang baik (good governance) secara dinamis dalam rangka mengemban dakwah Islamiyah.

 

TUJUAN

Program Studi Profesi Bidan FK Unissula memiliki tujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi :

  1. Berperilaku   profesional,   memiliki   etika   dan   bermoral   terhadap   isu  etik maupun aspek legal dalam praktik kebidanan yang berorientasi pada keselamatan ibu, bayi & anak termasuk perempuan dalam konteks keluarga dan masyarakat. Mempunyai kemampuan mengelola kewirausahaan dalam pelayanan kebidanan yang menjadi tanggung jawabnya.
  2. Mampu berkomunikasi efektif secara verbal dan non-verbal dengan pasien/perempuan,  keluarganya,  masyarakat,  sesama  profesi,  antar  profesi kesehatan, dan stakeholder.
  3. Mengembangkan diri dengan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi terkini, menyadari keterbatasan diri berkaitan dengan praktik kebidanan serta menjunjung tinggi komitmen terhadap profesi bidan.
  4. Bidan memiliki pengetahuan tentang ilmu biomedik, ilmu kebidanan, neonatologi,   ilmu   sosial,   ilmu   kesehatan   masyarakat,   biokimia,  fisika kesehatan, bioetik, humaniora dan ilmu perilaku untuk mempersiapkan  dan memberikan asuhan prekonsepsi, selama kehamilan, persalinan, nifas, menyusui, bayi dan balita, kesehatan reproduksi perempuan dan keluarga berencana dalam rangka mencapai  kualitas kesehatan  ibu, bayi   dan balita yang optimal.
  5. Bidan  memiliki  keterampilan  dalam  mengaplikasikan  ilmu kebidanan/midwifery   dan  ilmu  lain  yang  menunjang  dalam  memberikan asuhan kebidanan yang tepat kepada perempuan sepanjang siklus reproduksinya, bayi, balita, anak usia prasekolah dengan melibatkan keluarga dan masyarakat.
  6. Mampu melakukan promosi kesehatan dan konseling mengenai kesehatan masyarakat pada umumnya, dan kesehatan perempuan sesuai dengan tahap perkembangan siklus reproduksinya.
  7. Mampu merencanakan, mengelola dan mengevaluasi secara komprehensif sumber daya dibawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan IPTEK untuk menghasilkan  langkah-langkah  strategis  pengembangan  profesi  dan organisasi.
  8. Mempunyai kemampuan dalam asuhan kebidanan pada neonatus, bayi dan balita dengan disabilitas sesuai kewenangan.
  9. Mempunyai kemampuan dalam kolaboratif intra dan antar profesi (Interprofesional Collaboratif).
  10. Mempunyai kemampuan dalam asuhan kebidanan dengan penyakit-penyakit yang menyertai sesuai dengan kewenangan.
  11. Mempunyai kemampuan dalam mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi.
  12. Mempunyai kemampuan dalam penggunaan bahasa asing.

Surat Berita

Jangan mau ketinggalan berita menarik dan update! Pastikan untuk bergabung dengan daftar surat berita kami.

Hubungi Kami

Jl. Raya Kaligawe Km. 4 Semarang

Terhubung dengan kami

Kami berada di Jaringan Sosial. Ikuti kami & berhubungan.